Laporan keuangan bank lippo

By Muhamad anuar Marsib On Semalam ada seorang sahabat lama tag saya ke sebuah Fanpage yang mendakwa Affiliate Junction Penipu. Satu persatu isi kandungan page telah saya baca sehingga selesai. Berdasarkan pandangan peribadi saya

Laporan keuangan bank lippo

Skandal bisnis yang terjadi seakan memupus dan mereduksi trust pelaku bisnis dunia tentang pionir praktik Good Corporate Governance di Amerika Serikat.

Selain Enron yang hancur berkeping terdapat beberapa skandal bisnis yang menimpa perusahaan-perusahaan besar di Amerika SerikaT. Bush pernah menjadi direksi. Enron merupakan perusahaan dari penggabungan antara InterNorth penyalur gas alam melalui pipa dengan Houston Natural Gas.

Kedua perusahaan ini bergabung pada tahun Bisnis inti Enron bergerak dalam industri energi, kemudian melakukan diversifikasi usaha yang sangat luas bahkan sampai pada bidang yang tidak ada kaitannya dengan industri energi.

Diversifikasi usaha tersebut, antara lain meliputi future transaction, trading commodity non energy dan kegiatan bisnis keuangan. Kasus Enron mulai terungkap pada bulan Desember tahun dan terus menggelinding pada tahun berimplikasi sangat luas terhadap pasar keuangan global yang di tandai dengan menurunnya harga saham secara drastis berbagai bursa efek di belahan dunia, mulai dari Amerika, Eropa, sampai ke Asia.

Dalam kasus Enron diketahui terjadinya perilaku moral hazard diantaranya manipulasi laporan keuangan dengan mencatat keuntungan juta Dollar AS padahal perusahaan Laporan keuangan bank lippo kerugian. Manipulasi keuntungan disebabkan keinginan perusahaan agar saham tetap diminati investor, kasus memalukan ini konon ikut melibatkan orang dalam gedung putih, termasuk wakil presiden Amerika Serikat.

Kronologis, fakta, data dan informasi dari berbagai sumber yang berkaitan dengan hancurnya Enron debacledapat penulis kemukakan sebagai berikut: Pada awal tahun patner KAP Andersen melakukan evaluasi terhadap kemungkinan mempertahankan atau melepaskan Enron sebagai klien perusahaan, mengingat resiko yang sangat tinggi berkaitan dengan praktek akuntansi dan bisnis enron.

CEO Enron menugaskan penasehat hukum perusahaan untuk melakukan investigasi atas kekhawatiran tersebut tetapi tidak memperkenankan penasehat hukum untuk mempertanyakan pertimbangan yang melatarbelakangi akuntansi yang dipersoalkan. Hasil investigasi oleh penasehat hukum tersebut menyimpulkan bahwa tidak ada hal-hal yang serius yang perlu diperhatikan.

Pada tanggal 16 OktoberEnron menerbitkan laporan keuangan triwulan ketiga. Pada tanggal 2 Desember Enron mendaftarkan kebangkrutan perusahaan ke pengadilan dan memecat pegawai. Pada saat itu terungkap bahwa terdapat hutang perusahaan yang tidak di laporkan senilai lebih dari satu milyar dolar.

Dengan pengungkapan ini nilai investasi dan laba yang di tahan retained earning berkurang dalam jumlah yang sama. Enron dan KAP Andersen dituduh telah melakukan kriminal dalam bentuk penghancuran dokumen yang berkaitan dengan investigasi atas kebangkrutan Enron penghambatan terhadap proses peradilan.

Laporan keuangan bank lippo

Dana pensiun Enron sebagian besar diinvestasikan dalam bentuk saham Enron. Sementara itu harga saham Enron terus menurun sampai hampir tidak ada nilainya.

KAP Andersen diberhentikan sebagai auditor enron pada pertengahan juni CEO Enron, Kenneth Lay mengundurkan diri pada tanggal 2 Januari akan tetapi masih dipertahankan posisinya di dewan direktur perusahaan.

Pada tanggal 4 Pebruari Mr. Lay mengundurkan diri dari dewan direktur perusahaan. KAP Andersen terus menerima konsekwensi negatif dari kasus Enron berupa kehilangan klien, pembelotan afiliasi yang bergabung dengan KAP yang lain dan pengungkapan yang meningakat mengenai keterlibatan pegawai KAP Andersen dalam kasus Enron.

Tanggal 8 April seorang partner KAP Andersen, David Duncan, yang bertindak sebagai penanggungjawab audit Enron mengaku bersalah atas tuduhan melakukan hambatan proses peradilan dan setuju untuk menjadi saksi kunci dipengadilan bagi kasus KAP Andersen dan Enron. Tanggal 15 Juni juri federal di Houston menyatakan KAP Andersen bersalah telah melakukan hambatan terhadap proses peradilan.

Pembahasan masalah Menurut teori fraud ada 3 komponen utama yang menyebabkan orang melakukan kecurangan, menipulasi, korupsi dan sebangsanya prilaku tidak etisyaitu opportunity; pressure; dan rationalization, ketiga hal tersebut akan dapat kita hindari melalui meningkatkan moral, akhlak, etika, perilaku, dan lain sebagainya, karena kita meyakini bahwa tindakan yang bermoral akan memberikan implikasi terhadap kepercayaan publik public trust.

Studi empirik Weisen Born, Noris tahundalam Zabihollah: Faktor tersebut adalah merupakan prilaku tidak etis yang sangat bertentangan dengan good corporate governance philosofy yang membahayakan terhadap business going cocern. Begitu pula praktik bisnis Enron yang menjadikannya bangkrut dan hancur serta berimplikasi negatif bagi banyak pihak.

Pihak yang dirugikan dari kasus ini tidak hanya investor Enron saja, tetapi terutama karyawan Enron yang menginvestasikan dana pensiunnya dalam saham perusahaan serta investor di pasar modal pada umumnya social impact.

Laporan keuangan bank lippo

Milyaran dolar kekayaan investor terhapus seketika dengan meluncurnya harga saham berbagai perusahaaan di bursa efek. Jika dilihat dari Agency Theory, Andersen sebagai KAP telah menciderai kepercayaan dari pihak stock holder atau principal untuk memberikan suatu fairrness information mengenai pertanggungjawaban dari pihak agent dalam mengemban amanah dari principal.

Pihak agent dalam hal ini manajemen Enron telah bertindak secara rasional untuk kepentingan dirinya self interest oriented dengan melupakan norma dan etika bisnis yang sehat. Lalu apa yang dituai oleh Enron dan KAP Andersen dari sebuah ketidak jujuran, kebohongan atau dari praktik bisnis yang tidak etis?

Artinya secara kasat mata kasus Enron baik manajemen Enron maupun KAP Andersen telah melakukan mal practice jika dilihat dari etika bisnis dan profesi akuntan antara lain: Tindakan dan perilaku yang tidak sehat dari manajemen Enron berperan besar dari kebangkrutan perusahaan; b.

Telah terjadi pelanggaran terhadap norma etika corporate governance dan corporate responsibility oleh manajemen perusahaan; c.Akuntansi Keuangan Standar Board (FASB) menyatakan bahwa "pengungkapan mengacu pada proses penyediaan informasi tentang item dalam laporan keuangan, melalui catatan kaki, jadwal tambahan, atau cara lain" (Shaw, ).

Perusahaan yang melakukan Merger adalah antara Bank Lippo dengan Bank Niaga pada tahun Antara Bank Lippo dan Bank Niaga keduanya bergabung untuk memperkuat posisinya di kancah persaingan global.

Welcome to Putera Sampoerna Foundation

Jadi laporan keuangan saat ini pun masih termasuk aktiva dan kewajiban dari perusahaan yang di akuisisi dalam pooling yang awalnya dicatat. Kasus Bank Lippo. BAB 1- BAB 4 (Seminar Perpajakan) investasi dalam sekuritas.

contoh soal Saham. 2. Pasar Finansial Dan Perusahaan. Makalah Analisis Laporan Keuangan. Uploadé par. Sinta Kartika Rahmawati. Penilaian Sekuritas.

Uploadé par. Inten Rosmalina. Manajemen Keuangan Resume Bab Uploadé par. blog lista Rabu, 30 November Business correspondence. Letter of Request. PT. BROWN CHOCOLATE Merger yang dilakukan Oleh Bank Lippo & Bank Niaga.

Jadi laporan keuangan saat ini pun masih termasuk aktiva dan kewajiban dari perusahaan yang di akuisisi dalam pooling yang awalnya dicatat sebesar nilai buku pada tanggal akuisisi.

Daftar Indeks Sektor Keuangan mencakup Sub sektor bank,Sub sektor lembaga pembiayaan,Sub sektor perusahaan efek,Sub sektor asuransi,Sub sektor lainnya. Perusahaan yang melakukan Merger adalah antara Bank Lippo dengan Bank Niaga pada tahun Antara Bank Lippo dan Bank Niaga keduanya bergabung untuk memperkuat posisinya di kancah persaingan global.

Tesis Akutansi: Pengaruh Corporate Governance Mechanisms trhdp Cost Of Equity Capital